Tahun 2020 Catatkan Lebih dari 60 Pemain CS:GO yang Pensiun, Imbas COVID?

Pemain CS:GO pensiun? Sepertinya hal ini sangat lumrah mengingat kompetisi yang datang memang mengandalkan kecepatan daya pikir dan fisik yang kompeten di usia muda. Namun ada kasus yang unik yaitu banyaknya catatan atas pensiunnya para pemain profesional atau yang kerap disapa pro player.

Naik Tahta, Virtus Pro Resmi Juarai EPIC League Division 1!

Memang tahun 2020 merupakan era paling sulit bagi semua orang, selain karena pandemi virus COVID-19 tentu banyak yang resah atas tingginya angka penularan. Baru-baru ini ada catatan mengejutkan setelah lebih dari 60 pemain CS:GO memutuskan untuk pensiun.

Apa penyebabnya? Ternyata bukan COVID semata!

Angka Pemain Pensiun Terbesar di CS:GO

pemain cs:go pensiun
Sumber: Valve

Memang faktanya COVID-19 mengambil peran penting atas banyaknya pemain yang pensiun, namun faktornya tidak hanya itu saja. Perilisan game terbaru besutan Riot Games yaitu VALORANT lagi-lagi menjadi angka pemantik terbesar.

Kepindahan ini dinilai karena kurang berkembangnya ekosistem esports CS:GO di tangan Valve, selain itu minimnya andil dari sang pengembang. Berbeda dengan Riot Games yang memang memikirkan betul ekosistem setiap game miliknya. Sebut saja League of Legends yang dibuat dengan format liga regional dan mengharuskan para pemain digaji setiap bulannya.

https://sadellent.net/wp-content/uploads/2020/12/nitr0.jpg
Nitr0 yang sebelumnya bermain di divisi CS:GO Team Liquid.
Sumber: ESL

Menurut laporan di Reddit, sebenarnya ada lebih dari 200 pemain CS:GO profesional yang hengkang dari game tersebut secara global. Masih bersifat laporan dan belum resmi, namun andai kata angka ini benar maka bisa dipastikan akan ada perubahan besar-besaran di tahun 2021 mendatang baik untuk CS:GO maupun VALORANT.

Melihat gambar di bawah terlihat jelas bahwa ada sekitar 25 pemain yang memutuskan pensiun atau hengkang, tepatnya di tahun 2015 sampai 2017 dan tahun 2019. Angka meningkat di tahun 2018 dengan 50 pemain yang memutuskan untuk hengkang.

pemain cs:go pensiun
Sumber: AFK Gaming

Ada beberapa alasan karena memang ranah kompetitif CS:GO mengalami penurunan drastis di beberapa regional, bahkan Shroud sempat menyinggung hal ini mengingat minimnya keikutsertaan regional Amerika Utara.

Bagaimana dengan Indonesia? Bisa dibilang serupa, sudah tidak terhitung berapa pemain yang memutuskan pensiun dan beralih ke VALORANT. Sebut saja Sys, Asterisk, dan lain sebagainya yang juga bertanding di masing-masing tim.

BACA JUGA: Sebut Ranah Kompetitif CS:GO Mati, Shroud Berikan Klarifikasi

Memang banyak tim yang memutuskan membubarkan seluruh game yang menyangkut dengan divisi besutan game Valve, sebut saja RRQ dan BOOM Esports. Langkah ini mengindikasikan bahwa Dota 2 dan CS:GO sudah mulai sempit, apalagi Valve hanya fokus pada pertandingan tanpa fokus terjun langsung ke program tingkat regional.

Bahkan Rod “Slasher” Breslau mengaku salut bagaimana Valve bisa membuat dua game esports top seperti CS:GO dan Dota 2 menjadi sangat sepi dalam hitungan bulan, hal yang seharusnya sulit dilakukan.

Indonesia sendiri masih memiliki 3 tim Dota 2 yang aktif, sejauh ini Army Geniuses, BOOM Esports, dan NGID.M11 masih mewarnai ranah kompetitif meski Dreamocel hengkang dari tim Serigala Hitam. Untuk divisi CS:GO di Indonesia? Jangan bermimpi, hampir musnah slur, wkwk.

Punggawa esports Indonesia dari CS:GO atau Dota 2 memutuskan untuk bermain di tim internasional seperti BnTeT, xccurate, Whitemon, Xepher, dan lain sebagainya.

Ikuti lini masa RevivaLTV di YouTube, Instagram, Facebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

The post Tahun 2020 Catatkan Lebih dari 60 Pemain CS:GO yang Pensiun, Imbas COVID? appeared first on RevivaLTV.