Susul India, Afghanistan Resmi Banned PUBG Mobile di Negaranya!

Kabar mengejutkan kembali datang dari salah satu game besutan Tencent. Yap, PUBG Mobile mendapatkan banned di Afghanistan setelah sebelumnya dilarang di negara Nepal dan India. Tentu berita ini mengejutkan banyak pihak, lagi-lagi game yang dimainkan lebih dari 10 juta orang di global harus terkena banned.

Pelarangan ini datang langsung dari Afghanistan Telecom Regulatory Authority (ATRA) pada hari ini (19/12) mengenai pelarangan game online PUBG Mobile untuk sementara setelah selesainya penyelidikan komprehensif setelah rapat koordinasi dengan pihak Kementerian setempat.

Zuxxy dan Luxxy Ucap Gaji dari PUBG Mobile, Sampai Miliaran?

Yap, langkah ini didasari dengan indikasi pihak ATRA dari Pajhwok Afghan News yang mengatakan bahwa PUBG Mobile dapat merusak dan memberikan efek negatif bagi para anak setempat dan aduan masyarakat Afghanistan.

Langkah ini juga melibatkan konsultasi intensif oleh Menteri Haji dan Agama, Menteri Pendidikan, Menteri Kesehatan Masyarakat, dan Menteri Komunikasi dari negara Afghanistan. Rencananya, pihak ATRA juga akan melibatkan para psikolog, keluarga, kepala sekolah, dan keamanan cyber mengenai potensi pelarangan PUBG Mobile.

Efek negatif sendiri diklaim ATRA akan menyerang anak-anak di bawah umur yang memainkannya. Selain itu game PUBG Mobile dinilai sangat jauh dari nilai budaya dan sosial negara Afghanistan yang mengusung asas religius. “Keputusan untuk memblok game ini untuk sementara waktu karena perspektif sosial dan keamanan,” ujar Chairman ATRA, Omar Mansoor Ansari.

https://sadellent.net/wp-content/uploads/2020/12/OmarMansoorAnsari.jpg
Sumber: Kakar Advocates

ATRA akan melakukan investigasi lebih lanjut dan melakukan konsultasi guna menemukan solusi permanen,” tambahnya. Pihak pemerintah juga diminta lebih aktif dalam memberikan izin serta melakukan regulasi terkait pasar game dan industri kreatif, seperti PUBG Mobile.

Keputusan ini membuat Afganistan bergabung dengan negara-negara lain yang lebih dulu melakukan banned kepada PUBG Mobile, seperti Nepal, Iraq, Pakistan, India, dan Yordania.

Sumber: Tencent

Meski Pakistan mengaku akan mengangkat ban dari game PUBG Mobile, namun semua bergantung pada hasil investigasi mengenai efek negatif, kekerasan, sikap sosial, dan ancaman nasional di bidang cyber. PUBG Mobile di India sendiri dilakukan karena tensi yang diperlihatkan kepada Tiongkok atas konflik perbatasan.

BACA JUGA: Laris Manis! PUBG Mobile Jadi Game Mobile Berpendapatan Tertinggi Tahun 2020

Uniknya, meski PUBG Mobile dilarang di beberapa negara nampaknya tidak berdampak signifikan atas pendapatannya selama kurun waktu setahun. Kabar terakhir memperlihatkan bahwa game PUBG Mobile menjadi game mobile paling menguntungkan selama tahun 2020 terakhir.

Ikuti lini masa RevivaLTV di YouTube, Instagram, Facebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

The post Susul India, Afghanistan Resmi Banned PUBG Mobile di Negaranya! appeared first on RevivaLTV.