RevivaLTV

Beberapa hari terakhir ini merupakan periode yang sangat kelam untuk esports Dota 2, bukan tentang pemain atau tim yang terlibat tetapi para kastor yang selalu mewarnai pengalaman menonton para aktivis esports Dota 2.

Mulai dari Hibah "GranDGranT"Harris kemudian menyebar ke beberapa tokoh lainnya dan bahkan salah satu kastor legendaris Dota 2 yaitu Toby "TobiWan" Dawson tidak luput dari masalah ini yang akhirnya mengarah pada pembebasan kastor dari panggung esports Dota 2.

Seperti tokoh dunia maya lainnya, TobiWan juga mengucapkan selamat tinggal kepada para penggemar yang telah mengikuti karirnya sebagai wajah esports Dota 2 melalui mengunggah akun Twitter pribadinya.

Di unggah sang kastor juga membuat pengumuman mengejutkan bahwa ia akan menarik diri dari dunia esports sambil berpaling untuk mengurus keluarganya dan menemukan cara untuk mendapatkannya berpindah.

sumber: Twitter

Jika Anda ketinggalan berita tentang pelecehan seksual oleh TobiWan, cerita pendeknya, kastor lahir pada tahun 1985 mengecam tindakan GranDGranT tetapi dijawab oleh beberapa pengguna Twitter lain yang menjadi korban pelecehan seksual TobiWan di masa lalu serta menyebutnya sebagai kemunafikan karena tidak menyadari apa yang telah ia lakukan dalam beberapa tahun terakhir.

TobiWan yang telah terpojok oleh beberapa pengguna Twitter akhirnya mengakui kesalahannya, ia mengakui bahwa ia telah dilecehkan secara seksual.

Dampak awal dari pengakuan dan pengungkapan perilaku ini muncul dari Beyond The Summit yang memutuskan kerja sama dengan TobiWan, dan Valve yang menghapus roda obrolan menyuarakan sang kastor dari Battle Pass The International 10.

sumber: Twitter

TobiWan memiliki karir yang sangat panjang di dunia esports, ia mulai pada tahun 2003 dengan Call of Duty dan WCG pada tahun 2005, kemudian pada tahun 2011 ia menjadi bagian dari pencipta joinDOTA, seorang tamu undangan sebagai kastor Internasional pada saat yang sama memulai titik perkembangan pesat karirnya sebagai caster hingga saat ini.

Kastor kelahiran Australia memiliki pengalaman sebagai kastor di banyak turnamen terkenal seperti The International, ESL One, EPICENTER, dan banyak lagi.

Sangat disayangkan bahwa karirnya harus runtuh seluruhnya dalam waktu kurang dari 1 minggu berkat masalah yang dia lakukan beberapa tahun yang lalu.

Pos Pasca Masalah Pelecehan Seksual, TobiWan Penarikan dari Esports Dota 2 muncul pertama kali di RevivaLTV.