RevivaLTV

Dota 2merupakan game MOBA yang rilis pada tanggal 9 Juli 2013 dari tahun 2013 hingga sekarang Dota 2 sukses menjadi salah satu game MOBA ikonik di dunia esports karena hingga saat ini Dota 2 masih bermain dengan kolam Hadiah turnamen esports terbesar di dunia.

Namun, 7 tahun sejak game tersebut dirilis Dota 2 tepatnya di bulan Mei – September 2020 pemain Dota 2 telah menurun dalam 5 bulan berturut-turut, ini pertama kalinya dalam Dota 2, padahal di bulan itu juga ada Battle Pass di Dota 2.

Jadi kenapa ini bisa terjadi? Jika kita berbicara apa yang menyebabkan pemain tersebut Dota 2 tiba-tiba turun dalam 5 bulan berturut-turut, jadi penulis memiliki beberapa analisa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi.

1. Pembatalan The International 2020

Tidak bisa disangkal Dota 2 setiap kali ada The International maka pemain Dota 2 juga akan naik, dilihat dari data Steam Charts dari 2016-2019 di bulan Agustus yang merupakan bulan The International, sehingga berdampak pada para pemain. Dota 2 selalu naik, tapi ini tidak terjadi pada Agustus 2020 karena The International dibatalkan.

Sumber: Steamcharts

Dilihat dari pemutar data tersebut Dota 2 selalu naik saat ada event The International kecuali di tahun 2020 saat The International sendiri dibatalkan. Ini terjadi karena biasanya para pemainnya Dota 2 yang saat ini sedang hiatus atau yang tidak sedang dalam masa jeda kembali bermain demi ikut serta dalam kemeriahan The International.

Selain itu, biasanya saat The International berlangsung banyak pemain yang terinspirasi dari strategi atau META yang digunakan oleh tim profesional dan akhirnya memutuskan untuk bermain kembali dengan tujuan mencoba strategi yang digunakan oleh beberapa tim / pemain tersebut.

2. Munculnya Game Baru Hype

Sumber: RevivalTV

Munculnya game yang sangat baru sensasi itu adalah VALORANT pada tanggal 2 Juni 2020, tentunya berdampak besar terhadap penurunan jumlah pemain Dota 2 yang mencapai -5,58% dibandingkan 4 bulan lainnya, ini merupakan angka terbesar dalam 5 bulan berturut-turut.

BACA JUGA: N0tail Berbicara Tentang Pick IO Yang Membuat OG Juara TI9

Hal yang sama terjadi Agustus lalu, yang melihat permainan yang sangat baru sensasi itu adalah Fall Guys pada 4 Agustus 2020 yang juga berdampak besar bagi para pemain & # 39; kecenderungan untuk menurun Dota 2. Menyentuh angka -4,55% dibandingkan 4 bulan lainnya maka ini merupakan angka terbesar kedua dalam 5 bulan berturut-turut.

pemain dota 2 turun
https://steamcharts.com/app/570

Hal ini bisa dijadikan alasan yang sah karena pada bulan Juni & Agustus juga terjadi penurunan jumlah pemain di beberapa game populer seperti Player Unknown & # 39; s Battleground & Rainbow Six Siege.

pemain dota 2 turun
Sumber: Grafik Uap

Berikut ini adalah alasan menurut analisa penulis mengapa pemain tersebut Dota 2 bisa turun dalam 5 bulan berturut-turut.

Nah, menurut Anda apa alasan di balik penurunan jumlah pemain tersebut Dota 2 dalam 5 bulan berturut-turut? Karena The International, munculnya game baru atau memang Dota 2 kurang menarik dengan rangkaian acaranya?

Editor: Yubian Asfar Huda

Postingan Pertama Kali dalam Sejarah, Pemain Dota 2 Turun 5 Bulan Berturut-turut! muncul pertama kali di RevivaLTV.