RevivaLTV

Masyarakat Dota 2 internasional telah berduka, karena banyak turnamen Dota 2 yang harus ditunda atau bahkan dibatalkan untuk mencegah penyebaran virus korona (COVID-19).

Di antara banyak turnamen yang ditunda dan dibatalkan, ada turnamen untuk Sirkuit Pro Dota (DPC) 2019-2020 yaitu ESL One Los Angeles Major, OGA Dota PIT Minor 2020 dan juga EPICENTER Major 2020.

Padahal turnamen ini sangat penting untuk melihat tim mana yang berhak mendapatkannya undangan langsung menuju The International 10, meskipun The International 10 yang akan diadakan di Swedia juga terancam dibatalkan.

International 2020 dibatalkan
Sumber: Valve / Diedit oleh Rafdi

Satu analis Dota 2 yaitu Ben "Noxville"Steenhuisen mengusulkan ke Valve untuk mengatasi masalah bagaimana menentukan tim yang akan menjadi peserta untuk The International 10, dengan mempertimbangkan turnamen besar dan kecil yang dipengaruhi oleh COVID-19.

Dia menjelaskan 3 hal yang bisa dilakukan Valve untuk menentukan tim mana yang akan ambil bagian dalam The International 10 di akun Twitter-nya, itu adalah:

  1. Mengundang (undangan langsung) 7 tim saat ini berada di peringkat 1-7 (Predator TNC, Gaming ViCi, Rahasia Tim, Genius Jahat, Game Invictus, Aliansi, dan Liquid Tim).
  2. Melakukan kualifikasi tertutup untuk enam wilayah, di mana setiap wilayah bertarung 1 slot menuju The International 10.
  3. Turnamen wildcard untuk 6 tim (1 tim per wilayah), di mana 3 tim teratas berhak lolos ke The International 10.

BACA JUGA: Tim Adroit Memperkenalkan Kehormatan Jersey Spesial Kobe Bryant di Los Angeles

Dalam format ini, Valve akan dapat menentukan 16 tim untuk berpartisipasi dalam The International 10. Perlu dicatat bahwa TI7 memiliki 18 tim di mana 2 tim harus jatuh di babak grup sehingga total tim yang mengikuti bermain acara tetap sama, yaitu 16 tim.

Ada banyak yang berkomentar bahwa format ini sebenarnya baik, tetapi ada juga yang tidak setuju karena Valve sebenarnya harus mengundang tim yang memenangkan TI tahun lalu, OG.

Menurut Friend Revival, apakah format yang ditawarkan Noxville format yang baik? Jika tidak, apa yang harus dilakukan Valve untuk menentukan tim mana yang akan berpartisipasi dalam The International 10?

Editor: Yubian Asfar

Posting Analis Dota 2 Mengusulkan Perubahan Format untuk Kualifikasi 10 Internasional muncul pertama kali di RevivaLTV.